Mission Complete : Research

9:37 PM

Hasil penelitian saya. when pharmacy meet photography!
Debut penelitian tugas akhir saya dimulai pada awal maret dan selesai tepat waktu pada bulan juli lalu. Tak pernah terpikirkan akhirnya saya dapat menyelesaikan semua kerumitan ini. Dari mulai pengkajian teori di karya tulis ilmiah, pengajuan proposal dan penelitian Alhamdulilah saya jalani dengan senang hati.

Tapi walaupun dijalani dengan senang hati ada saja cobaan yang melanda, ya sama aja kayak hidup ada aja cobaan yang menerpa. Seperti halnya menjalani hidup, untuk menghadapi cobaan tersebut hanya dengan cara bangkit dan mencoba lagi-gagal-coba lagi-gagal-coba lagi-gagal-coba lagi begitu seterusnya sampai cobaan yang melanda berhasil dilalui. Bukankah ilmuwan sekelas Albert Einstein pun pernah gagal ?

Kegagalan pertama saat itu adalah ketika proses optimasi formulasi mikroemulsi. Mikroemulsi yang coba saya buat gak terbentuk hasilnya tetep keruh, kemudian saya terus mencoba sampai akhirnya hari ketiga pengerjaan mikroemulsi terbentuk. Yes, berhasil!

Kegagalan selanjutnya adalah saat pengujian aktivitas antioksidan minyak bekatul. Di awal pengerjaan nilai linieritas yang berpengaruh terhadap akurasi dan presisi ini seharusnya berada pada garis lurus tapi hasilnya kayak ceker ayam, kacau. Lalu saya mencoba untuk kerja rapi saat itu dan Alhamdulilah nilainya bagus tapi masalah lain kemudian muncul saat nilai absorbansi nya tidak sesuai keinginan. Duh, saat itu saya sampai harus mengulang selama kurang lebih dua minggu. Sempat merasa down tapi saya gak nyerah gitu aja, di minggu terakhir target pengujian saya terus mencoba sampai akhirnya dapat nilai aktivitas antioksidan yang sangat kuat. Hua saya senang saat itu.

Kemudian tahapan selanjutnya saya kerjakan dengan cepat karena mengejar deadline. Hingga akhirnya pengujian terakhir untuk sediaan ini yaitu uji stabilitas, setelah diamati selama kurang lebih dua minggu Damn! hasilnya gak stabil gak sesuai ekspektasi. Setelah berdiskusi dengan dosen pembimbing beliau hanya bilang “Gak ada penelitian yang salah, yang terpenting kamu harus tau kenapa itu bisa terjadi”. Legaaaa....
Dan akhirnya penelitian saya selesai tepat waktu dan berhasil disidangkan pada 3 Agustus lalu, hasilnya penelitian saya diterima :) 

Well, pelajaran yang bisa diambil dari penelitian ini adalah
Tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras, kegagalan hanyalah kerikil dalam proses mencapai keberhasilan yang terpenting adalah bagaimana kita mampu bangkit dan terus semangat untuk mencoba sampai berhasil.

Usai sidang bersama dosen pembimbing tercintah!


Foto-foto selama penelitian dalam dilihat disini

You Might Also Like

0 komentar absurd

Sebaik-baiknya blogger adalah yang meninggalkan jejak komentar saat blog walking -HR Blogger